Beranda » Info Kemenag » Bantuan Madrasah Tidak Politis

Bantuan Madrasah Tidak Politis

Jakarta (Pinmas)–Tak ada kepentingan politik apa pun dalam program pemberian dana bantuan untuk madrasah. Dana bantuan yang diberikan Kementerian Agama (Kemenag) untuk madrasah swasta sudah proporsional dan terprogram.

“Implementasi program telah sesuai dengan rencana dan data yang mengacu pada education management information system,” kata Sekjen Kemenag, Bahrul Hayat, menanggapi isu yang beredar di kalangan anggota DPR bahwa ada tendensi politik di balik program itu.

“Siapa pun menterinya, parpol atau tidak, kita (Kemenag) luncurkan programnya dan bekerja profesional,” ujar dia kepada Republika, Ahad (13/2).

Sekadar gambaran, pada 2009, pemerintah menggelontorkan bantuan rehabilitasi untuk 24.600 ruang madrasah ibtidaiyah (MI). Bantuan itu, kata dia, menghabiskan dana sebesar Rp 2,2 triliun.

Bahrul menjelaskan, pemberian ban tuan itu mempunyai standar, sistem, dan mekanisme masing-ma sing. Besaran bantuan yang disalur kan disesuaikan dengan sistem yang se lama ini berlaku. Misalnya, dana ban tuan ruang kelas baru ditentukan antara lain oleh volume murid dan ke butuhan ruang, sedangkan rehabi li tasi ruang salah satunya bergantung pada tingkat kerusakan ruang yang ada.

Anggaran yang ada, kata Bahrul, su dah memperoleh persetujuan dan telah dibahas oleh DPR. Karena itu, langkah subsidi madrasah berikut nominal yang diberikan dinilai sudah tepat. Sebab, pemerintah berkewajiban memberikan bantuan untuk pengembangan madrasah sebagai salah satu kekuatan pendidikan di Tanah Air.

Direktur Pendidikan Madrasah Kemenag, A Saifuddin, mengatakan ban tuan untuk madrasah sudah terprogram dari tahun ke tahun. Dijelaskan, pada 2011, pemerintah mengang garkan bantuan untuk ruang kelas baru (RKB) sebe sar Rp 200 juta un tuk tingkat madra sah ali yah (MA), sedangkan tingkat madra sah tsanawiyah (MTs) mendapat ban tuan Rp 180 juta dan MI Rp 160 juta.

Besaran bantuan yang diberikan sesuai dengan jenjang lembaga pendidikan.(re/nashih)

 

About these ads

19 Komentar

  1. M Mursyid PW mengatakan:

    Sekarang memang zaman serba politik, Bu. Keputusan pemerintah berarti juga keputusan politik. Asal jangan dipolitisasi berlebihan saja.
    Salam…
    Blognya Bagussss…!

  2. MH mengatakan:

    BU UNTUK RA KOK NGGAK DIPERHATIKAN JUGA? ANDAIKATA DANA ABADI UMMAT HASILNYA UNTUK MADRASAH DAN PESANTREN INSYA ALLAH UDAH MAJU MADRASAH, ITU KAN UANG UMMAT ISLAM KENAPA NGGAK DIKEMBALIKAN PADA UMMAT ISLAM

  3. syaifudin zohri mengatakan:

    mudah2an Madrsaha saya termasuk madrasah yang bisa dapat rizki untuk dapat dana yang dimaksud karena madrasah saya selama ini belum pernah mendapat bantuan dana rehab apalagi dana pembangunan lokal baru, mohon diperhatikan madrasah sy juga pak?MA Nurul Wathan Remajun loteng NTB

  4. ST. NURTAMAMI, M.Pd.I mengatakan:

    Bismillahirrahmanirrahim,ass.wr.wb. pak!Gedung MI.Ihyauddiniyah Duren Gading Probolinggo Jatim tgl 10 Nof 2010 mengalami musibah angin dan hujan yang disertai petirnya, sehingga ambruk 1 lokal dan 3 lokal nya rusak berat menghawatirkan jg ruang perpusnya, maklum gedung tsb anggaran rehab th 1987, mudah-mudahan th ini dapat RKB dan rehab gedung perpus, biar proses belajar mengajar tetap berjalan,berkembang dan tercapai bebuai visi dan misi Mi.Ihyauddiniyah, Wss.

  5. akhmad fauzi mengatakan:

    Daerah/kabupaten mana ya bu?coba njenengan cari di DAK kabupaten /Propinsi, info nya bisa lewat anggota dewan bu…

  6. MA Al Hidayah Pasuruan Jatim mengatakan:

    Assalamu’alaikum.
    Kami berharap bantuan berupa apapun dapat kami terima untuk memajukan MA dan pendidikan di tempat kami dari Kementrian Agama.
    Demikian permohonan kami, atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini, kami haturkan terimakasih.
    Wassalamu’alaikum.

  7. Giayarso mengatakan:

    Bismillah
    Assalamu’alaikum
    Kami baru dapat kabar untuk bantuan RKB tahun 2012, proposalnya harus sudah masuk bulan Oktober 2011. sedangkan pada tahun 2010 tidak ada kabar ada bantuan RKB .
    Apa RKB itu program tahunan ya bu?
    MIS
    Bandung

  8. Hariono Azhar mengatakan:

    Ass…. Kami MI dan MTS Asssul Muttaqin yg berada dilingkungan pesantren,yg berada di parebok Teluk Sampit Kotim(sampit) yg terkena imbas kerusuhan etnik 2001,sehingga asrama ruang kelas dll erbakar semua, sejak 2005 MI kami rintis kembali,MTs nya 2010 ini juga kami rintis, saat ini kami sangat kekuragan ruangan kelas, mohon di bantu untuk dikalteng bantuan dari kemenag maupun Kanwil banyak terkonsentrasi di Pulng Pisau dan kapuas.

  9. Ali Asfuri, S.Pd mengatakan:

    Asssalamualikum Ibu,
    Kami pengurus MI NU Matholiul Huda Hadipolo Jekulo, curhat sampai hari ini gedung yang kami miliki digunakan secara bergantian dengan Madrasah Diniyah…kami berharap sangat ada perhatian dari Kemenag Pusat terkait pengadaan ruang pembelajaran yang representative….bantuan yang kami harapkan program RKB ataupun Rehab, dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan ke generasi muslim yang belajar di Madrasah kami.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    Ali Asfuri, S.Pd
    081 565 728 27

    • miislamiyahkalilandak mengatakan:

      coba panjenengan mendekati anggota dewan yang terdekat mungkin bisa diperjuangkan lewat APBD I maupun II, rajin2 untuk mencari informasi pak ali…salam mudah-mudahan tahun depan block green diluncurkan seperti tahun 2009…

  10. My ActiviTy | m1rzah mengatakan:

    [...] miislamiyahkalilanda… on Bantuan Madrasah Tidak Po… [...]

  11. WAHIB mengatakan:

    SAYA sudah kirim proposal bantuan kekemenag tapi nggak cair-cair kenapa ?? ya bu

  12. Sahri S.PdI mengatakan:

    Assalamu alaikum… Siapa lagi yg mau dengar jeritan kami…kami tlh berusaha maksimal…tuk dapatkan RKB.guna mmnuhi standar mnmal…ttp apadaya….kmna lagi hamba harus memohon selain kepada Engkau Ya.. Rob.tlong infokan kesaya cara-cara yg cpt dpt RKB

  13. sa,un mengatakan:

    pak sahri S.Pd.I:: terus berjuang pak!!!

  14. muntasir mengatakan:

    mts kami sekarang 2012/2013 masuk tahun ke 3(kelas 9) jumlah siswa 106 =4 rombel sedangkan kita hanya memiliki 3 ruang kelas. mohon dipertimbangkan untuk dibantu runag kelas karena 1 rombel sudah tidak belajar di ruang kelas. terimaksaih atas perhatian dan bantuannya para sayid dan sayidah di kemenag. barokallhah..

  15. Dedi Suryadi no.kontak 081312100737 mengatakan:

    yth kementrian agama pusat saat ini tp 2014 kami memiliki siswa 254, 9 rombel sedangkan kelas yang ada hanya 5 ruang kelas,4 kelas menggunakan milik mts itupun 1 ruang dibagi 2 dengan ruang perpustakaan.mohon kiranya bapak kemenag RI dpt berkenan memberikan RKB pada sekolah kami.karna sampai saat ini kami belum pernah mendapat bantuan berupa bangunan ruang kelas.atas perhatiannya ucapkan banyak terima kasih. MAS Muhammadiyah “Plus” Cisaat Kadungora Garut Jabar

  16. Norianam mengatakan:

    apakah ada bantuan sekarang untuk madrasahqu yang belum terurus oleh pemerintah, khususnya KEMENAG pusat, kalau masih ada kasihanilah madrasah kami,

    Email : mi.qathrululum@gmail.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: